Monday, September 17, 2012

Manga Spotlight: Wataru Yoshizumi works (2)

Jadi di post sebelumnya saya sudah cuap-cuap sedikit tentang karya-karya Yoshizumi-sensei.
Di sana saya tulis tentang karya Yoshizumi yang terakhir saya baca adalah Spicy Pink, Cherish, dan Kimi Shika Iranai (Ternyata judul dari penerbit Indonesianya itu With You Only). Nah, karena di post pertama saya udah ngomongin Spicy Pink, jadi di post ini saya bakal ngomongin yang dua terakhir. ^^


Pertama soal Cherish. Waktu baca awal-awalnya, masih normal. Kayak cerita remaja biasa. Tapi lalu orang tua si tokoh utama cewek mati, dan si cewek jadi diurus oleh cowok bishie yang nggak jelas hubungan darahnya dengan si cewek. Lalu saya berhenti di sini. Lah, kok, mirip Hanami?!


Tapi lalu saya membalik-balik lagi dan ceritanya ternyata sama sekali berbeda. Cowok bishie yang saya kira bakal jadi love interest itu sampai akhir jadi figur ayah untuk si cewek. Dan yang bikin kaget... ternyata si cowok itu gay (??!!!!!!). Cowok-papa-gay itu menemukan belahan hatinya, tinggal bersama, kemudian membesarkan si cewek barengan sebagai satu keluarga.

Premis ini membuat saya kaget. Jujur, ini pertama kali saya melihat yang seperti ini di manga cewek! Idenya kontroversial dan berani, tapi Yoshizumi nulisnya bawaannya santai-santai aja. Adem, seperti biasa. Cerita utamanya berkisar antara bagaimana cowoknya si tokoh utama cewek tampak tidak bisa menerima keadaan keluarga si cewek yang 'tidak normal'. 

Sebagai murid dalam bidang fashion design, bagi saya topik tentang cinta sesama jenis sudah sama sekali tidak aneh lagi. Saya pribadi tidak merasa yang namanya cinta, kepada siapapun ditujukan dan diorientasikan, tidak mungkin buruk. Rasanya tidak ada bedanya dengan cinta jenis lain. Tapi tentunya banyak teman-teman dengan jurusan lain, atau yang keluarganya lebih konservatif, masih tidak terbiasa. Keluarga si pacar juga disebutkan konservatif, jadi nggak aneh kalau dia kaget dan mabur.

Apa manga ini diterbitkan oleh penerbit Indonesia? Saya sudah tidak pulkam lama, jadi tidak tahu. Tapi kalau tidak diterbitkan, saya mungkin bisa mengerti kenapa, karena topik semacam itu masih agak tabu. Harus baca Cherish, karena temanya yang unik ini! :D

Nah, kalau yang satu lagi....


Premis cerita yang ini juga belum pernah saya temukan di manga remaja lain.

Pernah baca cerita di mana tokoh utama ceweknya itu bekas cerai? Di umur 16 tahun? Dengan setting sekolahan? Sejauh ini saya baru temukan di With You Only. Dan yang bikin menarik... ceritanya dituturkan dari sudut pandang si tokoh utama cowok, temen sekelasnya. Lugu, innocent, a bit awkward, dan selalu one step back karena si cewek gebetannya ini adalah gadis bekas cerai. 

Segar dan banyak humor, bikin saya ketawa-ketawa sendiri. Yang saya suka adalah karakterisasi si cewek, yang walau keliatannya cantik, rapuh, dan harus dilindungi, tapi ternyata dia nggak seperti itu. Malah, si cewek menurutku cenderung garang dan berani. Di balik itu, si cewek juga tegas dalam mengambil keputusan. Dia memaksa cerai dari mantan suaminya setelah 3 bulan menikah, karena tahu suaminya selingkuh dan tidak merasa bersalah akan hal itu.

"Kamu bertemu seorang wanita, makan sesekali dengannya, normal, bukan?" kata si mantan suami ketika dilabrak oleh tokoh utama cowok.

"Ya, kalau itu sih...."

"Lalu setelah makan, kalian capek, dan memutuskan untuk naik ke kamar. Lalu menghabiskan satu atau dua malam berdua. Bagi orang dewasa, itu biasa. Anak-anak SMU seperti kalian tidak akan mengerti."

"Menghabiskan malam berdua dengan mengobrol dan makan bersama adalah hal yang sama sekali berbeda!"

Percakapan di atas adalah yang hingga saat ini masih saya renungkan. Benarkah cowok-cowok dewasa berpikir seperti itu? Apa itu alasan kenapa banyak suami selingkuh, dan para istri diam pura-pura tidak tahu? Karena itu, normal?

Anyway....

Wataru Yoshizumi berteman dekat dengan mangaka-mangaka lain seperti Ai Yazawa dan Megumi Mizusawa, keduanya adalah nama yang tidak asing buat saya. Karya Ai Yazawa, Paradise Kiss, adalah manga cewek yang paling saya sukai sepanjang masa. Mungkin di entri Manga Spotlight selanjutnya, saya akan bercerita lebih tentang karya-karya Yazawa-sensei. ^^

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...