Wednesday, September 19, 2012

Hanami Trivia 1: Delicacies

Q: Ada berapa banyak jenis makanan khas Jepang yang disebutkan dalam Hanami?



Keigo dan Sakura bergantian menyiapkan makanan sehari-hari. Dibuka di awal, Keigo sedang menyiapkan sup miso. Sup ini, ternyata, saya temukan dalam bentuk pasta yang tinggal diseduh di supermarket-supermarket Singapura. 


Ada juga bentuk serbuk dengan isinya yang dikeringkan, siap saji setelah seduh. Ternyata, miso sebenarnya memang berbentuk pasta, terbuat dari biji kedelai yang difermentasi.




Dango menjadi salah satu makanan yang paling sering disebutkan. Dango tiga warna yang digenggam oleh ibu Sakura di dalam foto adalah hanami dango. Warnanya hampir selalu berurutan dari bawah: hijau, putih, pink. Arti di baliknya, warna pink melambangkan bunga sakura. Warna putih melambangkan arak beras. Warna hijau melambangkan daun yomogi. Salah satu jenis lain yang dibicarakan adalah mitarashi dango, yang disuguhkan untuk Sakura ketika nenek meminjamkannya telepon. Jenis dango ini dimakan dengan saus yang berasa manis.




Pada acara yozakura mereka, Jin membelikan Sakura takoyaki. Seharusnya yang ini sudah tidak asing lagi, bukan? Bisa dibeli juga panggangannya di Carrefour kalau berminat membuat takoyaki di rumah, hehe. Biasanya di dalamnya adalah oktopus, tapi ham dan daging lain juga bisa dipakai. Mirip sama meatball? 


Kalau meatball ala Jepang agak berbeda ya sama bakso yang suka dibeli di Mas-mas deket sekolahan. Hihihihi.


Di Jepang, ternyata ada beberapa kue ala barat yang hanya ada di Jepang. Contohnya adalah strawberry shortcake yang sebenarnya adalah kesukaan Jin. Terbuat dari tumpukan sponge cake yang menjepit krim dan potongan-potongan stroberi, sama sekali berbeda dengan strawberry shortcake barat. 


Sebagai catatan, cheesecake ala Jepang juga terasa seperti sponge dan lembut, berbeda dengan tekstur berat yang ditawarkan cheesecake ala barat. Tapi, dilihat-lihat, strawberry shortcake ala Jepang itu mirip dengan kue Chantilly-nya Bread Talk, ya? :p 


Satu lagi makanan khas Nara yang disebutkan adalah kaki-no-hazushi. Ini adalah jenis sushi yang dibungkus daun kesemek yang telah dibersihkan dan diasinkan. Bentuknya lebih kotak daripada sushi biasa yang melonjong.

Jadi? Apa ada dari makanan-makanan di atas yang pernah kamu coba? Apa ada yang belum pernah kamu dengar sebelumnya? :D

Grab your copy of Hanami from your local bookstores (or online?) now! :D

Sumber:

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...