Tuesday, March 16, 2010

Warisan Budaya


Tanggal 26 Februari 2010 kemarin, aku nemenin (half-willingly) Papa Mama ke perayaan Imlek yang diadakan di salah satu gedung di Bandung. Acara ini diselenggarakan oleh perkumpulan marga Huang (semacam perkumpulan marga Sembiring kalau buat orang Batak --kalau ada--, yang ini versi Chinese). Kegiatannya adalah makan-makan di meja, dengan sajian makanan-makanan khas Tionghua, dihibur dengan lagu-lagu dan dance yang dibawakan oleh anggota-anggota perkumpulan. Kadang-kadang manggil artis dari mancanegara juga, untuk meramaikan suasana.

Setiap tahun, acara kayak gini selalu ada. Bisa ada hingga beberapa kali! Merayakan event-event yang bertebaran, menyebar di dalam satu tahun. Sewaktu kecil aku sering pergi dan melihat-lihat, menikmati. Tapi seiring beranjak remaja, apa siih, yang nggak lebih menyenangkan daripada menghabiskan waktu bersama temen-temen di PVJ atau Ciwalk atau cafe-cafe lain? Pergi ke event seperti ini jadi bertambah jarang.

Aku memutuskan untuk pergi, karena ternyata kakakku dan keluarganya (yang sudah 10 tahun lebih tua dariku :p) juga ikut. Tadinya kupikir, acara kayak gini hanya terlalu 'kuno' dan ngebosenin buat anak-anak remaja, tapi ternyata kakakku dan istrinya juga hanya datang sekitar 1 jam kemudian pulang, tanpa menikmati acara apapun.

Lalu ketika aku pulang dari acara itu, melihat bagaimana orang tuaku sangat menikmati acara-acara seperti itu, aku mulai berpikir. 10, 20, 50 tahun ke depan... waktu generasi sudah bergulir, apa acara seperti ini masih ada? Apa yayasan-yayasan dan perkumpulan marga ala Tionghua itu masih akan tetap eksis? Apa remaja-remaja sekarang akan masih peduli untuk mengurusnya, atau apakah generasi selanjutnya akan menjadi kapitalis dan individualis, atau mencari kegiatan yang lebih 'modern' untuk killing time?

Bakal jadi apa dunia ini? Hal yang mungkin generasiku anggap keren (hang out di PVJ malem minggu sampe kaki pegel-pegel) mungkin bakal dianggap SUPER LAME sama anak cucu kita nanti! Mikirin hal-hal kayak gitu, I just cannot stop wondering. World is fascinating, no?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...